5 LANGKAH AGAR BAHASA ARAB TERASA MUDAH DIPELAJARI SECARA OTODIDAK

tumpukan-bukuSaya sudah sering menulis artikel tentang cara belajar bahasa Arab yang efektif. Bahkan saya sudah menulis buku berjudul “STRATEGI SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB SECARA OTODIDAK” (Download ebooknya di: https://pustakalaka.wordpress.com/2013/09/19/ebook-gratis-silakan-download/).

 

Namun mungkin masih ada kawan-kawan yang merasa kesulitan dalam belajar bahasa Arab sendiri. Oleh karena itu saya tergerak untuk menulis artikel ini. Barangkali saja bisa memberikan sedikit pencerahan.

 

Jadi begini. Jika Antum memang serius ingin belajar bahasa Arab dan ingin bisa bahasa Arab, maka Antum saya sarankan untuk mengikuti langkah-langkah berikut:

 

>>> Langkah 1

Pelajari terlebih dahulu di awal belajar tentang bagaimana cara membaca tulisan arab gundul. Jadi Antum kuasai terlebih dahulu “kemampuan membaca”. Sebab dari keempat kemahiran berbahasa (listening, speaking, reading, dan writing), kemampuan membacalah (reading/kitabah) yang paling mudah untuk dipelajari sendiri secara otodidak. Kemahiran yang lain bisa dipelajari nanti.

 

>>> Langkah 2

Cari satu lembar artikel bertuliskan arab gundul yang bahasanya mudah untuk dipelajari. Kemudian fotokopi menjadi dua. Setelah itu selembarnya Antum bawa ke kawan Antum yang sudah bisa bahasa Arab. Minta dia untuk memberi harokat lengkap sekaligus menerjemahkannya. Jika Antum kesulitan untuk mendapatkan artikel ringkas (yang tanpa harokat sekaligus berharokat plus terjemah), Antum bisa gunakan artikel yang banyak tersedia di sini (https://pustakalaka.wordpress.com/tidak-biasa/). Pilih salah satu artikel yang ingin dibaca dan dipelajari pertama kali.

 

>>> Langkah 3

Cari buku Nahwu-Shorof yang ringkas dan berbahasa Indonesia. Kenapa harus yang ringkas? Agar bisa dipelajari dalam waktu cepat sehingga menghindari rasa jenuh dalam belajar sekaligus untuk membangkitkan motivasi dan rasa percaya diri dalam belajar bahasa Arab. Kenapa harus yang berbahasa Indonesia? Agar bisa dipelajari sendiri tanpa bimbingan guru secara langsung. Jika Antum kesulitan untuk mendapatkannya, silakan gunakan buku SIAPA BILANG BAHASA ARAB SUSAH ?! (NAHWU-SHOROF) yang bisa didownload di sini (https://pustakalaka.wordpress.com/tidak-biasa/).

 

>>> Langkah 4

Mulailah belajar! Buat jadwal belajar setiap hari minimal SATU JAM. Lebih bagus lagi jika bisa DUA JAM. Pelajari buku NAHWU-SHOROFnya secara bertahap. Insya Allah tidak sampai satu bulan Antum sudah bisa menyelesaikan semua materi dalam buku NAHWU-SHOROF tingkat dasar.

 

>>> Langkah 5

Sambil belajar NAHWU-SHOROF, berlatihlah untuk melemaskan lidah Antum dalam mengucapkan huruf-huruf Arab. Baca artikel yang sudah diberi harokat dengan suara keras. Sambil dibaca, hayati pula maknanya. Gunakan strategi belajar yang sudah saya jelaskan di dalam ebook 4 LANGKAH SAKTI BELAJAR BACA ARAB GUNDUL. Silakan download ebooknya di sini (https://pustakalaka.wordpress.com/2014/05/04/ebook-gratis-silakan-download-2/#more-5588).

 

Demikian lima langkah yang sarankan untuk Antum yang baru mulai tertarik belajar bahasa Arab atau untuk siapa saja yang masih merasa sulit dalam belajar bahasa Arab. Silakan dicoba. Saya tunggu kabar baik dari Antum semua.

 

Wallahu a’lam.

 

 

Bogor, Jum’at Malam 2 Sya’ban 1435 H/30 Mei 2014

 

Muhammad Mujianto al-Batawie

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: