SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN 4 LANGKAH SAKTI

SUKSES2Dari hasil membaca beberapa buku dan menonton video-video motivasi, saya mendapatkan EMPAT LANGKAH SAKTI yang bisa kita gunakan untuk meraih SUKSES dalam hidup ini. Empat langkah sakti ini insya Allah bisa kita gunakan dalam bidang apapun. Termasuk untuk meraih SUKSES dalam belajar bahasa Arab.

 

Berikut ini empat langkah sakti yang saya maksud:

 

>>> Langkah Pertama: Miliki Tujuan yang Jelas

 

Ya, untuk meraih SUKSES di bidang yang kita inginkan, kita harus memiliki tujuan yang jelas. Dan agar kita tidak lupa dengan tujuan itu, hendaknya kita tulis besar-besar tujuan kita itu di papan tulis yang ada di rumah.

 

Misalnya kita tulis di papan tulis begini:

 

SAYA INGIN BISA BAHASA ARAB

SAYA INGIN BISA BACA KITAB GUNDUL

 

>>> Langkah Kedua: Punya Alasan yang Kuat

 

Disamping tujuan yang jelas, kita juga harus punya alasan yang kuat “Kenapa kita harus mencapai tujuan itu? Apa keuntungan yang akan kita dapat? Apa kerugian yang akan kita derita jika kita tidak bisa meraihnya?”.

 

Jika kita memiliki alasan yang kuat, insya Allah kita akan tergerak hebat untuk segera mewujudkannya. Kita akan semangat untuk meraihnya. Kita pun akan berani untuk bayar ongkosnya berapapun harganya.

 

Seperti halnya anak kecil yang punya tujuan jelas yaitu ingin bisa naik sepeda. Ketika dia punya alasan kuat (misalnya: karena dia ingin bisa jalan-jalan bersama kawan-kawannya dengan sepeda, jika dia tidak bisa maka dia tidak akan punya teman, dll.), maka dia pun tergerak untuk semangat belajar naik sepeda. Siang malam dia belajar. Meski sering jatuh, dia tidak putus asa.

 

Saya juga punya kawan yang ingin bisa bahasa inggris. Alasannya jelas karena dia ingin bisa diterima kerja di perusahaan yang tes masuknya mengunakan bahasa inggris. Diapun rela mengeluarkan uang lumayan besar untuk biaya kursus. Dia pun semangat mengikuti kursus meski waktunya malam hari dan lokasinya lumayan jauh dari rumahnya.

 

Dan waktu dulu juga saya punya teman yang sangat ingin bisa bahasa Arab. Alasannya karena dia ingin kuliah di Universitas Islam Madinah. Diapun kemudian tergerak untuk belajar bahasa Arab di mana-mana. Dia pun berani untuk minta salah seorang ustadz senior untuk membantunya latihan baca kitab. Akhirnya diapun kemudian bisa bahasa Arab. Meskipun dia tidak berhasil diterima kuliah di Madinah karena persaingannya memang sangat ketat.

 

Nah, jika kita memang ingin bisa bahasa Arab, kita harus cari alasan kuat “Kenapa kita ingin bisa bahasa Arab? Apa manfaatnya buat kita? Apa kerugiannya jika kita tidak bisa?”

 

Misalnya alasan kita ingin bisa bahasa arab:

 

“Karena saya ingin bisa beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan lebih berkualitas. Agar saya bisa faham bacaan sholat, al-qur’an, dzikir, dan doa. Sehingga dengan begitu saya berharap Allah Subhanahu wa Ta’ala berkenan untuk menerima ibadah yang saya lakukan ini”

 

“Kalo saya tidak bisa bahasa Arab, saya jadi tidak bisa ibadah dengan khusyuk. Saya jadi tidak faham bacaan-bacaan sholat, al-Qur’an, dzikir, dan doa. Saya takut Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak menerima ibadah saya ini. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan untuk melakukan ibadah ini dengan sebik-baiknya. Dan saya telah diberikan fasilitas untuk belajar bahasa Arab. Saya punya uang dan waktu untuk belajar…..ikut kursus…..beli buku-buku panduan belajar bahasa Arab…dll……dll…”.

 

 

>>> Langkah Ketiga: Tahu Caranya

 

Meski kita punya tujuan yang jelas dan alasan kuat, kita akan tetap sulit meraih tujuan jika kita tidak tahu caranya. Oleh karena itu kita harus cari tahu caranya. Cari orang-orang yang sudah berhasil di bidang yang kita ingin kuasai. Pelajari cara-cara yang sudah terbukti berhasil darinya. Kemudian juga, banyak-banyak lah bergaul dengan orang-orang yang sudah berhasil lebih dulu. Kita bisa bergaul di dunia nyata maupun di dunia maya.

 

Bagi yang ingin tahu bagaimana caranya belajar bahasa Arab yang efektif, silakan baca ebook STRATEGI SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB SECARA OTODIDAK (Silakan download gratis di sini: https://pustakalaka.wordpress.com/2013/09/19/ebook-gratis-silakan-download/). Atau baca-baca artikel seputar tips belajar bahasa Arab di https://pustakalaka.wordpress.com.

Baca juga artikel yang ada di SINI.

 

>>> Langkah Keempat: Segera Bergerak!

 

Jika kita sudah tahu caranya, segeralah bergerak! Jangan tunda-tunda. Tanpa bergerak untuk memulai, kita tidak mendapatkan apa-apa.

 

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

 

 

Muhammad Mujianto al-Batawie

 

Jakarta, Ahad sore 1 Juni 2014

Leave a Reply

