PENGULANGAN ADALAH IBU DARI SEMUA KETERAMPILAN

ILMU DN BEGADANGAda yang berkata bahwa “PENGULANGAN adalah ibu dari semua keterampilan”. Setujukah Antum dengan perkataan ini?

 

Kalau saya jelas setuju. Kenapa? Sebab kenyataannya memang demikian.

 

Coba saja kita perhatikan keterampilan yang kita punya sekarang ini. Kita bisa membaca, menulis, berhitung, naik sepeda, naik motor, mengendarai mobil, jago main basket, dll., semua itu adalah hasil dari pengulangan-pengulangan. Kita berlatih secara berulang-ulang. Hingga akhirnya kitapun bisa dan jago.

 

Atlit terkenal pun begitu. Tidak mungkin seorang pesepakbola kelas dunia misalnya, sekali nendang langsung jadi jago main bola. Mereka bisa mahir karena berlatih berulang-ulang. Mungkin ribuan kali mereka berlatih dan mengulang-ulang latihan. Hingga akhirnya mereka menjadi pemain profesional.

 

Oleh karena itu, jika kita ingin mahir bahasa Arab, maka kita pun harus melakukan pengulangan-pengulangan. Apa yang harus diulang-ulang?

 

Bagi Antum yang ingin bisa baca tulisan Arab gundul, maka:

 

Pertama, Antum harus mengulang-ulang pelajaran Nahwu-Shorof tingkat dasar. Baca berulang-ulang. Sebab pengetahuan Nahwu-Shorof tingkat dasar adalah modal penting untuk bisa mahir baca kitab.

 

Kedua, Antum harus mengerjakan soal-soal latihan yang ada di setiap buku Nahwu-Shorof. Semakin sering mengulang latihan, Antum akan semakin faham dengan teori yang sudah dipelajari (Bagi Antum yang belajar menggunakan KITAB FAHIMNA, saran saya kerjakan soal latihan tanpa melihat kunci jawaban terlebih dahulu).

 

Ketiga, Antum harus mengulang-ulang membaca tulisan arab gundul yang ringkas. Baca berulang-ulang sambil difahami maknanya. Semakin sering membaca, Antum akan semakin banyak kosa kata. Dengan kosa kata yang banyak, Antum akan semakin mudah membaca tulisan arab gundul. Mulailah dari latihan membaca tulisan ringkas, kemudian meningkat ke tulisan yang agak panjang (Silakan gunakan 60-an lebih sarana latihan yang tersedia gratis di http:/kedaibahasaarab.blogspot.com).

 

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Jakarta, 10 Sya’ban 1435H/09 Juni 2014

 

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: