DAUROH BAHASA ARAB DI RUMAH SENDIRI

BELAJAR SENDIRISekarang ini mendekati masa liburan panjang. Kalau mahasiswa di tempat saya tinggal biasanya akan libur sekitar 2 bulan lamanya. Sekarang mereka sedang menjalani ujian akhir semester.

 

Ngomong-ngomang soal liburan, saya jadi teringat pengalaman beberapa tahun silam. Kalo nggak salah sekitar tahun 1999 atau tahun 2000. Waktu itu saya baru-baru belajar bahasa Arab dan sedang semangat-semangatnya belajar bahasa arab. Saat liburan panjang 2 bulan, saya bertekad untuk membuat dauroh bahasa Arab sendiri di rumah.

 

Waktu itu saya sudah menyiapkan segala sesuatunya. Saya sudah siapkan beberapa buku pelajaran Nahwu-Shorof. Saya juga siapkan buku I’rob dan kitab-kitab gundul untuk dijadikan sarana belajar selama liburan. Lalu, apa yang saya lakukan?

 

Hampir 2 bulan lamanya saya coba pelajari sendiri buku-buku Nahwu-Shorof di rumah. Hampir setiap hari dari pagi sampai malam saya belajar bahasa Arab. Saya baca-baca buku Nahwu. Saya coba kerjakan soal-soal latihannya. Saya hafalkan pola-pola kata dalam buku shorof (Kitabut Tashrif). Saya pelajari juga buku tentang cara meng-I’rob kalimat. Kitab-kitab gundul pun saya coba harokati dan terjemahkan. Lalu, apa yang terjadi?

 

Alhamdulillah, kemampuan bahasa Arab saya meningkat pesat. Terutama setelah saya menghafal banyak pola-pola kata dalam ilmu shorof. Mufrodat saya pun jadi semakin banyak.

 

Nah, untuk Antum yang sebentar lagi akan memasuki masa liburan panjang, tidak ada salahnya untuk membuat dauroh bahasa Arab sendiri di rumah. Insya Allah akan banyak manfaatnya. Dan Alhamdulillah sekarang keadaannya jauh lebih mudah dibanding dulu. Kalo dulu saya kesulitan untuk mendapatkan sarana latihan baca arab gundul yang bisa dipelajari sendiri. Sekarang Antum bisa mendapatinya gratis di SINI.

 

Gimana, berani mencoba?

 

 

 

One Response to DAUROH BAHASA ARAB DI RUMAH SENDIRI

  1. Laila says:

    Bismillah. semoga saya bisa melaksanakan dauroh dirumah dengan lancar.. Amin.. Jazakumullah atas postingan2 penumbuh semangatnya ya ustadz.

Leave a Reply

