CARA MEMILIH KAMUS BAHASA ARAB

kamus bahasa arab, cara memilih kamus bahasa arab, beli kamus bahasa arabKamus bahasa Arab jumlahnya sangat banyak. Antum bisa melihatnya sendiri di toko-toko buku. Lalu, bagaimana kita memilih kamus bahasa Arab yang cocok untuk kita gunakan saat belajar bahasa Arab. Berikut ini akan saya kasih tau caranya. Mau tau, kan?!

 

>>> PENTINGNYA KAMUS BAHASA ARAB

 

Bagi orang yang sedang belajar bahasa Arab, kamus bahasa Arab sangatlah penting. Bahkan bisa saya katakan, diantara sarana yang sangat membantu seseorang untuk meraih sukses dalam belajar bahasa Arab adalah kamus.

 

Oleh karena itu, untuk Antum yang ingin belajar bahasa Arab, saya sarankan untuk memiliki kamus bahasa Arab. Setelah itu, sertakan kamus di setiap waktu Antum belajar bahasa Arab.

 

>>> CARA MEMILIH KAMUS BAHASA ARAB

 

Sebagaimana yang sudah saya katakan di atas tadi, kamus bahasa Arab sangatlah banyak. Tentu saja kita tidak mungkin gunakan semuanya. Sebab nantinya malah akan mengganggu proses belajar bahasa Arab kita. Cukup kita pilih beberapa saja yang cocok untuk dijadikan teman belajar.

 

Lalu, bagaimana caranya memilih kamus bahasa arab yang cocok?

 

Caranya sangat mudah. Antum cukup gunakan jurus “BERTANYA”!. Jadi nggak usah Antum capek-capek memeriksa semua kamus bahasa Arab yang ada. Antum cukup bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman dalam belajar bahasa Arab.

 

Antum bisa tanyakan kepada ustadz Antum di rumah. Atau bisa juga kepada kawan Antum yang sudah bisa bahasa Arab. Atau, kalau Antum tidak punya tempat bertanya, maka Antum bisa bertanya kepada saya. Dan menurut saya, kamus bahasa Arab yang cocok untuk Antum miliki adalah….

 

>>> KAMUS BAHASA ARAB TINGKAT PEMULA

 

Untuk tingkat pemula, saran saya gunakanlah KAMUS MAHMUD YUNUS. Kamus ini ukurannya sedang. Tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Sangat cocok untuk digunakan oleh para pemula dalam belajar bahasa Arab.

 

kamus bahasa arab, cara memilih kamus bahasa arab, beli kamus bahasa arab (2)

(Kamus Mahmud Yunus Cetakan Terbaru)

 

Kamus ini pun memiliki kata-kata yang terpilih. Jadi yang disajikan dalam kamus ini adalah kata-kata yang sering dijumpai dalam kitab-kitab gundul. Tidak semua arti kata diberikan. Hanya kata yang sering digunakan saja. Sehingga hal ini tidak membingungkan bagi pelajar pemula untuk memilih arti kata yang nantinya akan dia ambil.

 

Berbeda halnya dengan KAMUS BAHASA ARAB TINGKAT LANJUTAN. Kadang satu kata diberikan variasi terjemah yang banyak. Hal ini tentu saja sangat berpotensi membuat bingung pelajar pemula. Mereka nantinya bingung terjemah mana yang mau diambil.

 

Kamus ini banyak digunakan dipondok-pondok pesantren. Dugaan kuat saya, kamus inilah yang terbanyak digunakan di pondok-pondok pesantren. Oleh karena itu, saya sangat sarankanAntum juga menggunakan kamus bahasa Arab ini untuk sarana belajar bahasa Arab.

 

 

>>> KAMUS BAHASA ARAB TINGKAT LANJUTAN

 

Jika Antum ingin kamus bahasa Arab yang lebih lengkap, saran saya gunakanlah KAMUS BAHASA ARAB AL-MUNAWWIR. Kenapa saya sarankan kamus ini? Sebab kamus ini banyak digunakan di pondok-pondok pesantren dari zaman kezaman. Sehingga dari sini menunjukkan bahwa kamus bahasa Arab ini memang layak untuk digunakan.

 

Kamus bahasa Arab ini ada dua versi. Ada yang versi INDONESIA-ARAB dan ada yang versi ARAB-INDONESIA.

 kamus bahasa arab, cara memilih kamus bahasa arab, beli kamus bahasa arab (3)

(ARAB – INDONESIA)

kamus bahasa arab, cara memilih kamus bahasa arab, beli kamus bahasa arab (4)

(INDONESIA – ARAB)

Selain kamus Al-Munawwir, untuk tingkat lanjutan bisa juga digunakan KAMUS KONTEMPORER ARAB INDONESIA atau biasa dikenal juga dengan KAMUS ATABIK ALI. Kamus ini saling melengkapi dengan KAMUS AL-MUNAWWIR. Dan kamus ini pernah membantu saya dalam menerjemahkan sebuah kitab.

kamus bahasa arab, cara memilih kamus bahasa arab, beli kamus bahasa arab

(KAMUS KONTEMPORER ATABIK ALI)

Pernah suatu ketika saya tidak tau arti kata dalam sebuah kitab. Saya lalu coba buka KAMUS AL-MUNAWWIR. Ternyata tidak ada di dalamnya. Saya pun coba buka KAMUS ATABIK ALI ini. Alhamdulillah ada terjemah kata yang saya cari.

 

 

>>> TEMPAT BELI KAMUS BAHASA ARAB

 

Lalu, dimana kita bisa dapatkan kamus bahasa Arab?

 

Ya, tentu saja di toko buku lah….! Masak di warteg hehe….. Silakan Antum datang ke toko-toko buku terdekat dari rumah Antum masing-masing. Atau Antum bisa membelinya lewat internet.

 

Untuk KAMUS BAHASA ARAB TINGKAT PEMULA (KAMUS MAHMUD YUNUS), Antum bisa membelinya di SINI.

 

Barangkali ini saja yang bisa saya sampaikan tentang CARA MEMILIH KAMUS BAHASA ARAB. Semoga bermanfaat.

 

Wallahu a’lam.

 

 

 

 

Bogor, Kamis 11 Syawal 1435 H/7 Agustus 2014

 

Muhammad Mujianto Al-Batawie

2 Responses to CARA MEMILIH KAMUS BAHASA ARAB

  1. supriman says:

    Kamus Mahmud-Yunus ini menggunakan kata dasar fi’il madli jg kah seperti kamus Almunawwir ?

Leave a Reply

