KEJADIAN ANEH YANG PERNAH SAYA ALAMI

POHON BANYAK BUAHSaya nggak tau, cerita yang akan saya sampaikan ini lebih tepatnya disebut cerita aneh atau cerita lucu atau cerita apa. Yang jelas cerita ini berasal dari pengalaman saya sendiri.

 

Ceritanya begini….

 

Dahulu saya sering berpindah-pindah rumah kontrakan. Entah sudah berapa kali saya pindah. Saya sudah lupa jumlah pastinya.

 

Pernah suatu ketika saya tinggal di sebuah perumahan. Alhamdulillah, setiap shalat lima waktu saya lakukan secara berjama’ah di masjid yang ada di perumahan itu. Dan di situlah kejadian aneh ini saya alami.

 

Jadi begini. Di masjid itu ada seorang bapak-bapak yang sering jadi imam. Saat mengimami shalat, dia sering membaca surat al-Baqarah. Ayat yang dibaca dari mulai ayat 1 sampai sekitar ayat 30-an. Sepertinya hampir bisa diakatakan dia selalu membaca surat ini saat jadi imam.

 

Namun, ada yang aneh ketika dia membaca ayat ke-29 dari surat al-Baqarah ini. Kedengaran saya, dia selalu membacanya begini:

 

“WA HUWA BI KULLI KHOLQIN ‘ALIIM”

 

Padahal semestinya yang benar:

 

“WA HUWA BI KULLI SYA’IN ‘ALIIM”.

 

Awal pertama kali mendengar saya agak sedikit janggal. Selesai sholat saya coba mengecek ke dalam mushaf. Dan ternyata memang yang benar “WA HUWA BI KULLI SYA’IN ‘ALIIM”. Untuk lebih memastikan, saya coba tanyakan kepada jama’ah lain yang biasa sholat di masjid itu. Dia pun merasa janggal dan mendengarnya sama dengan yang saya dengar.

 

Akhirnya, saya pun memutuskan untuk mengoreksi bacaan si bapak ini. Saya bertekad, saat bapak ini jadi imam dan membaca ayat ini, saya akan membetulkannya dari belakang.

 

Dan suatu ketika bapak ini jadi imam lagi dan saya menjadi makmumnya. Seperti biasa bapak ini membaca ayat yang biasa dia baca. Saya pun bersiap-siap untuk membetulkannya saat dia sudah memasuki ayat ke-28.

 

Kemudian, saat dia membaca ayat ke-29, dia membaca akhir ayat seperti biasa….

 

“WA HUWA BI KULLI KHOLQIN ‘ALIIM”

 

Langsung saja dari belakang saya betulkan dengan suara keras:

 

“WA HUWA BI KULLI SYA’IN ‘ALIIM”.

Si bapak ini pun berhenti sejenak. Sepertinya dia mendengar suara saya. Tapi, dia tidak melanjutkan bacaannya. Dia langsung bertakbir untuk rukuk.

 

Selesai sholat, saya lihat bapak ini menuju rak bersisi tumpukan mushaf al-Qur’an. Saya lihat dia membuka-buka lembaran mushaf. Sepertinya dia sedang mengecek hafalannya.

 

Waktu itu saya menduga si bapak ini akan membetulkan bacaannya. Namun ternyata dugaan saya meleset. Si bapak ini masih membaca ayat ini dengan keliru. Dia masih membacanya “WA HUWA BI KULLI KHOLQIN ‘ALIIM”.

 

Akhirnya, saya pun memutuskan untuk mengingatkannya secara langsung. Saat perjalanan pulang dari masjid, saya coba dekati bapak ini. Sambil jalan saya katakan:

 

“….yang benar “sya’in ‘aliim” apa “kholqin ‘aliim”, Pak?”

 

Ternyata jawabannya sangat mengagetkan saya.

 

“Antum bilangnya “kholqin ‘aliim”!!! yang bener “sya’in ‘aliim”!!!”

 

Deg! Rupanya bapak ini tau kalau saya yang membetulkan bacaannya saat sholat.

Dan saya sungguh kaget mendengar jawaban bapak ini. Kok aneh banget sih. Siapa yang bener jadinya nih? Apakah suara yang masuk ke telinga saya beda dengan yang masuk ke telinga si bapak ini. Sungguh aneh.

 

Namun semenjak itu, si bapak ini sudah tidak membaca ayat ini lagi dalam sholat. Dia membacanya cuma sampai ayat ke-28.

 

Hari pun berlalu dan tahun pun berganti. Saya pun kemudian pindah kontarakan ke tempat yang agak jauh dari perumahan itu.

 

Saya pun sudah tidak pernah mendengar lagi bacaan si bapak ini saat jadi imam. Tapi menurut info yang saya dapat, si bapak ini masih suka membaca surat al-Baqarah ini. Dan kabarnya, dia sekarang membaca akhir ayat 29 surat al-Baqarah dengan….“WA HUWA BI KULLI SYA’IN ‘ALIIM”.

 

 

Nah, begitu ceritanya. Cukup aneh, kan?

 

Kira-kira Anda pernah mengalami hal yang serupa dengan saya ini? Atau Anda punya cerita yang lebih aneh dari ini? Kalau ada, silakan diceritakan di kolom komentar.

 

Wallahu a’lam.

 

 

Bogor, Jum’at 12 Syawal 1435 H/8 Agustus 2014 M

 

 

Muhammad Mujianto al-Batawie

 

 

 

 

 

 

One Response to KEJADIAN ANEH YANG PERNAH SAYA ALAMI

  1. chie hidayat says:

    Crita ini akhir/ kesimpulan/ hikmahnya apa ya,maaf kurang faham

Leave a Reply

