BUKU SAKTI KITABUT TASHRIF

KITABUT TASHRIFBuku KITABUT TASHRIF bisa saya katakan sebagai BUKU SAKTI. Kenapa saya katakan demikian? Sebab saya sendiri telah membuktikan keampuhannya. Setelah mempelajari buku ini sampai selesai, dari awal sampai akhir, kemampuan bahasa Arab saya jadi meningkat pesat.

Dahulu, di awal-awal belajar bahasa Arab, selalunya yang saya pelajari adalah ilmu Nahwu. Ilmu Shorof hampir tidak pernah dipelajari. Sehingga setelah sekian lama belajar, saya tetap menemui kesulitan dalam membaca kitab gundul. Kenapa?

Sebagaimana telah saya jelaskan di KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA bahwa fokus ilmu Nahwu adalah harokat akhir sebuah kata. Sedangkan fokus ilmu Shorof adalah semua harokat huruf penyusun kata selain harokat huruf terakhir yang ada di dalam kata itu. Maka bisa kita bayangkan betapa sulitnya membaca sebuah kata jika kita tidak mengetahui harokat-harokat awal dari kata itu. Sebab akan banyak kemungkinan.

Misalnya saja –jika kita tidak mengetahui pola katanya- kata berikut bisa kita baca begini:

مُسُجُدٌ – مُسِجَدٌ – مَسَجِدٌ – مِسَجُدٌ – مِسِجِدٌ – مَسَجَدٌ – مَسِجُدٌ – ….

Ada sekian banyak kemungkinan. Berbeda halnya dengan harokat akhir kata yang hanya empat kemungkinan: dhommah, fathah, kasroh, dan sukun. Dan jika kita tidak tahu harokat pastinya, kita bisa sukunkan saja seperti kita mewaqofkan ayat al-Qur’an yang jika baca.

Terbayang bukan, betapa sulitnya kita membaca sebuah kata jika kita tidak menguasai ilmu Shorof. Namun, jika kita menguasai ilmu Shorof dengan baik, kita akan mudah membaca sebuah kata meski kita sukunkan akhirnya jika kita tidak tahu harokat pastinya.

Akhirnya, setelah mempelajari buku KITABUT TASHRIF selama hampir sebulan full di rumah, saya jadi tercerahkan. Mufrodat yang saya miliki jadi meningkat pesat. Dan saya pun jadi tahu berbagai variasi pola kata yang sering digunakan dalam literatur-literatur berbahasa Arab.

Oleh karena itu, saya sangat menyarankan Anda yang ingin lancar membaca kitab gundul untuk mempelajari buku KITABUT TASHRIF ini. Pelajarilah dari awal sampai akhir. Hafalkan pola-pola kata yang ada di dalamnya. Hafalkan pula mufrodat-mufrodatnya. Insya Allah, setelah selesai mempelajari buku ini, kemampuan bahasa Arab Anda akan meningkat pesat. Tidak percaya? Silakan coba!

Buku ini bisa didapat di toko-toko kitab. Atau bisa dibeli lewat internet di SINI plus BONUS BUKU “PADUAN BELAJAR BUKU SAKTI”.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

