SEBELUM ANTUM BELAJAR KITAB “DURUS LUGHOH”…

COVER STRATEGI SUKSESApa yang mendorong saya untuk membuat tulisan ini? Ini dia ceritanya….

 

Hari Rabu kemarin, ada seorang ummahat yang memesan 15 KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA. Pemesanan dilakukan lewat istri saya, karena ummahat itu adalah kawan dari istri saya. Katanya ummahat ini ingin mengadakan semacam kursus bahasa Arab di tempat dia tinggal. Pengajarnya adalah seorang ummahat lulusan LIPIA Jakarta.

 

Awalnya mereka agak bingung untuk menentukan buku yang akan dijadikan panduan belajar. Sempat terpikir untuk menggunakan kitab DURUS LUGHOH. Namun kemudian diputuskan untuk menggunakan KITAB FAHIMNA dengan alasan lebih lebih mudah dipelajari oleh para ibu-ibu (orang tua). Demikian kurang lebih cerita yang saya dapat dari istri saya.

 

Saya kemudian jadi teringat dengan peristiwa beberapa tahun lalu. Pernah saya bertemu dan ngobrol-ngobrol dengan seorang bapak-bapak yang katanya dia sedang belajar bahasa Arab. Kitab yang digunakan adalah kitab DURUS LUGHOH. Sudah beberapa minggu dia belajar. Namun, dia tetap belum dapat bayangan, apa target nyata dari belajar bahasa Arab yang dia lakukan.

 

Saya pun kemudian tertarik untuk menghadiahkan KITAB FAHIMNA kepadanya. Setelah itu, dia mengaku, belajarnya jadi lebih mudah. Dia jadi lebih faham dengan apa yang sedang dia pelajar.

 

Jadi intinya, kitab DURUS LUGHOH menurut saya adalah kitab yang bagus. Banyak mufrodat penting untuk pemula yang terdapat di dalamnya. Hanya saja:

 

  • Kitab ini full berbahasa Arab sehingga harus dipelajari bersama guru.
  • Perlu PENJELASAN PENDAHULUAN sebelum mempelajari kitab ini agar belajarnya bisa menjadi lebih mudah.

 

Oleh karena itu, bagin kawan-kawan yang tertarik untuk mempelajari kitab DURUS LUGHOH, saran saya: pelajari dulu KITAB FAHIMNA TINGKAT PEMULA. Insya Allah, setelah itu belajar Antum semua akan menjadi lebih mudah. Namun, Antum tetap harus mempelajari kitab DURUS LUGHOH ini dengan bimbingan guru. Tanpa guru, kitab ini akan terasa berat untuk dipelajari. Kecuali sebelumnya Antum sudah menyelesaikan SEMUA KITAB FAHIMNA (PAKET LENGKAP). Insya Allah, Antum bisa setelah itu mempelajari kitab DURUS LUGHOH sendirian tanpa bimbingan guru secara langsung.

 

Demikian.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: