SEKALI LAGI, SEBELUM ANTUM BELAJAR KITAB DURUS LUGHOH…

KATASabtu kemarin saya berkunjung ke rumah seorang kawan. Sudah cukup lama kami tak berjumpa. Rumahnya lumayan jauh dari rumah saya. Kalau naik angkot, harus 4 kali ganti angkot ditambah sekali naik becak.

 

Banyak hal yang kami bicarakan di rumahnya. Termasuk berbicara tentang bahasa Arab.

 

Rupanya kawan saya itu pernah ikutan kursus bahasa Arab tingkat dasar. Dalam seminggu ada dua kali pertemuan. Lamanya belajar setiap pertemuan sekitar 2 jam. Kitab yang digunakan adalah kitab Durus Lughoh.

 

Namun, baru beberapa bulan belajar, kawan saya itu memutuskan untuk keluar alias tidak melanjutkan pelajaran. Alasan utamanya karena sibuk dan sulit mengatur waktu untuk hadir di kelas. Akhirnya dia memutuskan untuk berhenti.

 

Menurut pengakuannya, setelah beberapa bulan belajar kitab Durus Lughoh, dia masih bingung.

 

“Saya bingung selama belajar”, kata dia, “kosa kata yang sudah saya hafal sebenarnya mau diapain…”.

 

Saya sampaikan ke kawan saya itu bahwa bagusnya sebelum belajar kitab Durus Lughoh perlu diberikan pendahuluan. Sehingga si pelajar bisa lebih efektif belajarnya. Mereka nantinya bisa menggunakan kosa-kata yang ada di kitab Durus Lughoh untuk membuat kalimat sederhana. Dan mereka juga nantinya jadi sedikit tahu tentang kedudukan kata yang ada di dalam kitab itu, meski baru belajar kitab jilid satu.

 

Saya sampaikan juga ke dia bahwa sebenarnya belajar bahasa Arab itu sederhana. Ada dua hal mendasar yang harus kita fokus fahami:

 

(1). Kita faham macam-macam kata (Kata dan pembagiannya).

(2). Kita faham cara menyusun kata-kata itu ke dalam kalimat sempurna.

 

Itu saja.

 

Coba kalau dari awal, sebelum kita belajar kitab Durus Lughoh, kita sudah diperkenalkan: apa itu kata dan pembagiannya? Apa itu isim, fi’il, dan huruf? Bagaimana menyusun kalimat sederhana yang terdiri dari mubtada-khobar atau fi’il-fa’il-maf’ul bih-zhorof? Bagaimana menentukan harokat akhir untuk tingkat dasar?….. Insya Allah kitab Durus Lughoh bisa dipelajari dengan lebih mudah dan lebih menyenangkan.

 

Dan inilah diantara hal yang kami bicarakan waktu itu.  Intinya sebenarnya sama dengan tulisan saya yang ada di SINI.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Leave a Reply

