MUMPUNG BELUM NIKAH

buku terikatDahulu, sebelum saya menikah, seorang kawan pernah memberi sebuah nasihat.

 

“Mumpung belum nikah, banyak-banyak beli buku…beli kitab. Ntar kalo udah nikah susah. Jadi banyak perhitungan…”.

 

Demikian kurang lebih nasihat kawan saya itu.

 

Dan Alhamdulillah, dulu saya memang hobi membeli buku. Hampir setiap bulan ada saja buku yang saya beli. Ada yang berbahasa Arab dan ada yang berbahasa Indonesia. Bahkan minimal sebulan sekali saya berkunjung ke toko buku untuk melihat-lihat buku keluaran terbaru.

 

Setiap tahun, saya juga berkunjung ke Islamic Book Fair yang ada di Senayan Jakarta. Biasanya saya borong buku di sana, mumpung diskonnya besar-besaran. Kadang saya ke pameran buku bisa lebih dari sekali.

 

Lalu, bagaimana dengan sekarang? Masihkah saya hobi membeli buku?

 

Ternyata benar yang dikatakan kawan saya itu. Beda keadaannya kalau sudah menikah. Saya sekarang jadi banyak perhitungan. Uang yang dahulunya bisa dengan mudah saya keluarkan untuk beli buku, sekarang harus dialokasikan untuk yang lain, seperti: untuk beli beras dan lauk-pauk, bayar kontrakan, biaya berobat orang tua yang sekarang sering sakit-sakitan, dll. Sehingga sekarang saya sudah jarang beli buku. Buku yang lama saja saya baca-baca ulang.

 

Namun, jika ada rezeki berlebih, saya tetap sisihkan untuk beli buku. Dan sekarang saya utamakan untuk membeli buku-buku yang berkaitan dengan pelajaran bahasa Arab. Misalnya untuk membeli kitab-kitab Nahwu tingkat lanjutan yang bisa saya gunakan untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa Arab saya. Atau, kitab-kitab ulama yang bisa saya gunakan untuk praktik penerapan kaidah bahasa Arab.

 

Nah, pada kesempatan ini, saya juga ingin memberi nasihat seperti nasihat kawan saya itu. Bagi Antum yang belum nikah, banyak-banyaklah beli buku. Insya Allah akan banyak manfaatnya di kemudian hari.

 

Demikian. Wallahu a’lam.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: