SEBELUM KITA BERTANYA

bertanyaTentu saja tidak setiap materi bahasa Arab yang kita baca bisa langsung kita fahami. Kadang ada saja yang masih membingungkan. Sudah dibaca berkali-kali, tapi kita masih belum faham-faham juga. Lalu, apa yang seharusnya kita lakukan?

Bertanya! Ya, di saat itu kita harus bertanya. Kita bisa bertanya kepada siapa saja yang kita anggap bisa membantu kita menghilangkan kebingungan dari dalam diri kita. Bisa kepada guru atau kepada teman yang ngerti bahasa Arab. Atau bisa juga kepada para admin pengasuh group-group bahasa Arab di fesbuk (seperti di SINI dan SINI) atau para pemilik situs pengajaran bahasa Arab (seperti di SINI, SINI, SINI, dan SINI).

Namun, apakah setiap ada pertanyaan langsung kita ajukan saat itu juga?

Kalau kita belajarnya di kelas yang di sana ada guru yang mengajar langsung, maka sebaiknya kita ajukan langsung pertanyaan kita itu. Jangan tunda-tunda. Sebab, besok belum tentu ada kesempatan untuk bertanya. Atau bisa jadi besok kita sudah lupa karena materinya sudah ganti.

Berbeda halnya kalau kita belajarnya tidak punya kelas alias belajar sendiri di rumah (otodidak). Saran saya, sebelum kita bertanya kepada orang lain, sebaiknya kita berusaha sendiri untuk mencari jawaban. Dengan begitu kita akan terlatih untuk mandiri. Tidak melulu tergantung kepada orang lain.

Kemudian, dengan berusaha mencari jawaban sendiri terlebih dahulu, memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi-informasi baru. Dan saya sering mengalami hal ini.

Ketika dahulu saya belajar bahasa Arab sendiri secara otodidak, saya sering menemui materi yang masih belum saya fahami. Banyak yang waktu itu saya belum faham atau masih setengah faham. Lalu, saya berusaha sendiri untuk mencari jawabannya.

Karena dahulu sarana belajarnya masih didominasi oleh buku, maka saya seringnya mencari jawaban dari pertanyaan saya di buku. Waktu dulu internet tidak semudah sekarang. Dulu masih jarang dan biaya sewa warnetnya lumayan mahal. Udah gitu, belum terlalu banyak juga referensi bahasa Arab di internet yang bisa dimanfaatkan oleh pelajar pemula.

Saya pun kemudian beli banyak buku kaidah bahasa Arab. Kemudian saya baca-baca sendiri. Sambil mencari, ternyata banyak hal-hal baru yang kemudian saya dapat.

Sekarang, karena akses internet semakin mudah dan referensi bahasa Arab di internet semakin banyak, saya seringnya mencari jawaban dari kebingungan saya lewat internet. Saya ajukan pertanyaan lewat Mas Google. Dan Alhamdulillah, disamping saya mendapatkan jawaban dari pertanyaan saya, saya juga banyak mendapat pengetahuan baru yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab saya.

Sering lewat Mas Google saya kemudian diajak masuk ke sebuah forum diskusi bahasa Arab. Dalam forum itu ada yang mengajukan pertanyaan terkait kaidah bahasa Arab. Kemudian ada yang berusaha memberikan jawaban. Biasanya banyak jawaban yang diberikan. Satu sama lain saling melengkapi.

Nah, demikian. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Selamat bertanya!

Bogor, Jum’at pagi 23 Rabiul Akhir 1436 H/13 Februari 2015

Muhammad Mujianto al-Batawie

Leave a Reply

