# INGIN BISA BACA ARAB GUNDUL? BEGINI CARANYA…

pelajarilah bahasa arabAntum ingin bisa baca Arab gundul? Ingin bisa menerjemahkan kitab-kitab ulama yang berbahasa Arab? Berikut ini sedikit tips dari saya. Semoga bermanfaat.

Begini. Kalau Antum ingin bisa baca Arab gundul, maka yang pertama kali harus Antum lakukan adalah belajar ILMU NAHWU & ILMU SHOROF. Tanpa menguasai kedua ilmu ini, akan sulit bagi Antum untuk bisa menguasai bahasa Arab.

(Bagi Antum yang ingin belajar ILMU NAHWU-SHOROF secara mandiri, silakan berkunjung ke sini: http://kitabfahimna.blogspot.com/p/fahimna-lengkap.html )

Namun, perlu Antum ketahui bahwa menguasai ILMU NAHWU & SHOROF saja tidak cukup. Banyak orang yang sudah menguasai kaidah dasar NAHWU-SHOROF, namun dia tetap masih kesulitan membaca dan menerjemahkan tulisan berbahasa Arab. Apa sebabnya?

Diantara sebabnya adalah: KURANG LATIHAN! Sebab, teori saja tidak cukup untuk menjadikan kita mahir. Seperti halnya belajar silat. Tidak cukup kita hanya membaca buku teori tentang cara melakukan pukulan ini dan itu. Kita harus praktek dan rajin berlatih.

Nah, begitupun dengan bahasa Arab. Kita pun perlu latihan dan praktek menerapkan teori atau kaidah yang sudah kita pelajari. Caranya?

Cara praktisnya begini:

  1. Antum cari buku berbahasa Arab yang ringkas yang kira-kira bahasanya mudah untuk difahami oleh pemula. Kalau tidak tau, coba cari tau kepada orang-orang yang sudah mahir bahasa Arab. Biasanya kitab-kitab aqidah banyak yang ringkas. Antum bisa gunakan.
  2. Minta kepada orang yang ngerti bahasa Arab untuk menerjemahkan perkata dan menjelaskan semua kedudukan kata yang ada di dalam kitab yang Antum jadikan sarana untuk berlatih.
  3. Baca berulang-ulang kitab kecil itu (setelah diterjemahkan dan dijelaskan kedudukan katanya) sambil Antum ingat-ingat kaidah yang sudah Antum pelajari.
  4. Ketika selesai satu kitab, cari kitab lain lagi yang ringkas dan mudah kemudian lakukan langkah-langkah yang sama dengan poin-poin di atas.

Demikian kurang lebih cara praktis untuk bisa membaca dan menerjemahkan kitab berbahasa Arab. Selamat mencoba!

Bagi Antum yang nggak mau capek-capek nyari kitab sendiri buat sarana latihan, silakan berkunjung ke sini: http://kitabfahimna.blogspot.com/p/latihan-baca-kitab.html

Semoga informasi ini bermanfaat!

Barakallahu fiekum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: