PEMILIK BLOG

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Assalamu’alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh.

STRATEGI SUKSES 2Perkenalkan nama saya Muhammad Mujianto Al-Batawie. Saya lahir di Jakarta 4 Mei 1980. Masa kecil saya nikmati di kampung Joglo yang terletak di Jakarta Barat. Dan saya bersekolah dari semenjak SD hingga SMA di kawasan Jakarta Barat.

Saya sekolah SD di SDN Joglo 07 Petang, SMP di SMPN 219, dan SMA di SMAN 65. Semuanya terletak di Jakarta Barat. Baru kemudian, setelah lulus SMA, saya merantau ke Bogor untuk kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Saat di Bogor, berkenalanlah saya dengan bahasa Arab. Alhamdulillah saya waktu itu tinggal dekat dengan orang-orang yang bisa bahasa Arab. Sehingga dari merekalah saya kemudian belajar bahasa Arab.

>>> Guru-guru Saya

DURUS LUGHAHBerikut ini beberapa orang yang pernah mengajarkan bahasa Arab ke saya meski ada yang hanya sebentar:

  • Ust. Arman bin Amri, Lc

Dari beliau saya belajar kitab Durus Lughah Al-‘Arabiyyah. Waktu itu belajarnya setiap hari ba’da Subuh di Ma’had Minhajus Sunnah saat masih belum ada kegiatan belajar (tahap penerimaan santri angkatan pertama).

  • Ust. Badrus Salam, Lc.

Dari beliau saya pernah belajar ilmu Nahwu menggunakan kitab An-Nahwul Wadhih. Tempat belajarnya di Musholla Al-Amanah sekitar kampus IPB Darmaga Bogor.

  • Ust. Abdul Aziz

Beliau lulusan Gontor. Dari beliau saya belajar percakapan bahasa Arab menggunakan kitab Durus Lughah Al-‘Arabiyyah.

  • Ust. Bukit Adhi Nugraha

Beliau adalah kakak kelas saya satu jurusan di IPB. Dari beliau saya belajar kitab Al-Muyassar fi ‘Ilmin Nahwi.

  • Ust. Zaki Rahmawan

Beliau pernah mondok di Ponpes Al-Irsyad Surabaya. Dari beliau saya belajar Kitab Silsilah (Nahwu-Shorof-Ta’bir)

  • Ust. Adni Kurniawan, Lc.

Saya sempat beberapa kali belajar baca kitab gundul bersama beliau.

  • Dll.

Selama belajar bahasa Arab di bawah bimbingan guru, tidak pernah sekalipun saya menyelesaikan satu buah kitab. Selalunya berhenti di tengah jalan. Namun alhamdulillah, perkenalan awal saya dengan bahasa Arab menjadikan saya tertarik untuk memperdalam. Sehingga saya pun memutuskan untuk terus belajar meski dengan cara OTODIDAK (belajar MANDIRI).

>>> Belajar Otodidak

MULAKHASHKalau dihitung-hitung, dari semenjak saya mengenal bahasa Arab hingga sampai bisa baca kitab gundul, saya lebih banyak menghabiskan waktu dengan belajar bahasa Arab sendiri. Saya beli kitab-kitab panduan tata bahasa Arab sebanyak-banyaknya (Nahwu, Shorof, I’rob, dll), kemudian saya bikin jadwal belajar, dan setelah itu saya belajar sendiri di rumah.

Alhamdulillah, dari belajar sendiri itu, saya bisa menguasai bahasa Arab dasar. Sehingga dengan menguasai bahasa Arab dasar itu, saya bisa mengikuti beberapa acara yang ada kaitannya dengan bahasa Arab. Diantaranya saya pernah mengikuti acara:

  • Dauroh Syar’iyyah (Pesantren Kilat) selama 15 hari yang bertempat di Kampus Akademi Dakwah Islam daerah Leuwiliang Bogor sekitar tahun 2002. Pengisi dauroh adalah para ulama dari timur tengah murid-murid Syaikh Ibnu Baz dan Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahumullah. Bahasa yang digunakan selama dauroh 100% bahasa Arab. Alhamdulillah meskipun bahasa Arab saya belum terlalu mahir waktu itu, tapi saya bisa memahami isi dauroh dan bisa membaca kitab saat diminta oleh Syaikh untuk membacanya.
  • Pelatihan bahasa Arab tingkat lanjutan selama sekitar 25 hari lamanya di Ponpes Al-Furqon Gresik Jawa Timur sekitar tahun 2003. Kitab yang digunakan adalah kitab Nahwu-Shorof tingkat lanjutan, yaitu kitab Mulkhash Qawaa-id Lughah Al-‘Arabiyyah.
  • Pelatihan bahasa Arab tingkat lanjutan selama sekitar 25 hari lamanya di Ponpes Al-Furqon Gresik Jawa Timur sekitar tahun 2009. Kitab yang digunakan adalah kitab Nahwu-Shorof tingkat lanjutan, yaitu kitab Mulkhash Qawaa-id Lughah Al-‘Arabiyyah. Jadi dua kali saya mempelajari kitab Mulakhash ini di bawah bimbingan para ustadz. Alhamdulillah pada dauroh bahasa Arab tahun 2009 ini, saya berhasil meraih peringkat juara pertama.
  • Dll.

Jadi Alhamdulillah, meskipun saya lebih banyak belajar bahasa Arab secara otodidak, namun berkat pertolongan dan karunia dari Allah Subhanahu wa Ta’ala saya akhirnya bisa juga untuk menguasai bahasa Arab meskipun belum sampai pada tingkatan ahli/pakar. Tapi cukuplah kemampuan bahasa Arab saya ini untuk dipergunakan sebagai penghias ibadah saya sehari-hari yang bersentuhan langsung dengan bahasa Arab, seperti shalat, do’a, dzikir, dan membaca Al-Qur’an. Dengan bermodalkan ilmu bahasa Arab yang saya punya, ibadah-ibadah ini bisa saya kerjakan jauh lebih berkualitas dibanding dahulu saat saya belum mengenal bahasa Arab sama sekali.

>>> Karya-karya Saya

Alhamdulillah, dengan kemampuan bahasa Arab yang saya miliki, saya juga pernah punya pengalaman menerjemahkan kitab-kitab berbahasa Arab, diantaranya:

  • Al-Amru bil Ma’ruf wan Nahyu ‘anil Munkar karya Syaikh bin Baz rahimahullah. [Diterbitkan oleh Pustaka Darus Sunnah Jakarta]
  • Asbabun Nashrillah ‘ala A’daihim karya Syaikh bin Baz rahimahullah. [Diterbitkan oleh Pustaka Ibnu Katsir Bogor]
  • I’rif Nabiyyaka karya Qism ‘Ilmi Darul Wathan. [Diterbitkan oleh Pustaka Media Tarbiyah Bogor]
  • Talkhis Shifat Shalat Nabi karya Syaikh Al-Albani rahimahullah. [Diterbitkan oleh Al-Aqsha Publishing Depok]
  • Al-Wasa-il Mufidah lil Hayatis Sa’idah karya Syaikh As-Sa’di rahimahullah. [Diterbitkan oleh Pustaka Laka Bogor]
  • Man Al-Faiz? karya Qism ‘Ilmi Darul Wathan. [Diterbitkan oleh Pustaka Laka Bogor]
  • Dll. (Namun jumlahnya baru belasan, belum puluhan)

Alhamdulillah, dengan kemampuan bahasa Arab yang saya miliki, saya juga pernah bekerja di sebuah penerbitan buku Islam di Bogor sebagai editor bahasa dari kitab-kitab ulama yang diterjemahkan ke dalam bahasa Arab.

Diantara hasil terjemahan yang pernah saya edit adalah sebagai berikut:

  • Al-Adillah wasy Syawahid ‘ala Wujubil Akhdzi bi Khobaril Wahid fil Ahkam wal ‘Aqo’id karya Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilali hafidzahullah.
  • Mu’amalatul Hukkam karya Syaikh Abdus Salam bin Barjas rahimahullah.
  • Bulughul Maram karya Al-Hafidz Ibnu Hajar al-‘Atsqalani rahimahullah
  • Dll.

>>> Pengalaman Mengajar

al-muyassarAlhamdulillah, saya juga pernah beberapa kali mengajar bahasa Arab di daerah sekitar tempat saya tinggal. Diantaranya saya pernah mengajar:

  • Kitab Al-Muyassar fi ‘Ilmin Nahwi (tahun 2005) untuk santri angkatan pertama Ma’had Minhajus Sunnah Bogor yang belum bisa bahasa Arab sambil menunggu proses belajar-mengajar dimulai.
  • Kitab Al-Muyassar fi ‘Ilmin Nahwi (tahun 2005) untuk kalangan mahasiswa sekitar kampus IPB.
  • Kitab Al-Muyassar fi ‘Ilmin Nahwi (tahun 2006) untuk kalangan mahasiswa sekitar kampus IPB.
  • Kitab Al-Muyassar fi ‘Ilmin Nahwi (tahun 2009) untuk kalangan umum di Perum Bukit Asri Ciomas Bogor.
  • Kitab Al-Muyassar fi ‘Ilmin Nahwi (tahun 2009) untuk kalangan mahasiswa sekitar kampus IPB.
  • Kitab Mulakhash (tahun 2012-2013) untuk kalangan mahasiswa sekitar kampus IPB
  • Kitab FAHIMNA (tahun 2011-SEKARANG) untuk kalangan mahasiswa sekitar kampus IPB.
  • Dll.

>>> Serial KITAB FAHIMNA

Dari sekian lamanya saya belajar dan mengajarkan bahasa Arab untuk tingkat dasar, maka sayapun kemudian tertarik untuk menyusun buku kaidah bahasa Arab (Nahwu-Sharaf) yang kiranya bisa dengan mudah dipelajari oleh orang yang ingin belajar bahasa Arab secara otodidak. Akhirnya lahirlah 6 SERIAL KITAB FAHIMNA (Panduan Belajar Bahasa Arab Secara Otodidak).

Photo-0154

Kitab FAHIMNA ini sudah saya ujicobakan ke beberapa orang dan alhmadulillah hasilnya cukup menggembirakan. Silakan baca TESTIMONINYA di SINI. Dan bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam dengan KITAB FAHIMNA, silakan berkunjung ke SINI.

>>> Menyederhanakan Sesuatu

Dalam menjalani hidup ini, saya senantiasa berkeinginan untuk menyederhanakan sesuatu sehingga mudah untuk difahami dan dipelajari. Misalnya, ketika banyak orang yang ingin menguasai bahasa Arab namun mereka masih merasa kesulitan untuk memahami materi yang ada di buku-buku panduan belajar, maka saya pun tergerak untuk menuliskan buku panduan belajar bahasa Arab dengan bahasa yang sederhana dan pembahasan yang mudah untuk diikuti. Lahirlah kemudian 6 SERIAL KITAB FAHIMNA.

Kemudian, ketika saya dan banyak orang di sekitar saya pernah punya pengalaman sulitnya memahami bahasa Inggris (terutama pembahasan tenses), maka saya pun kemudian tergerak untuk mencari tahu cara memahami dasar-dasar bahasa Inggris agar mudah difahami oleh siapa saja. Akhirnya kemudian lahirlah dua buku karya saya berjudul SIAPA BILANG BAHASA INGGRIS SUSAH? Dan SIAPA BILANG TENSES SUSAH ? (Belum dipublikasikan. Baru diberikan ke beberapa orang untuk diberikan penilaian).

Dan ada beberapa hal lainnya yang alhmdulillah berhasil saya sederhanakan sehingga bisa bermanfaat untuk orang lain.

Demikian saja perkenalan dari saya. Semoga ada yang bisa diambil pelajaran dari apa yang saya sampaikan ini.

Wallahu a’lam.

Wassalam.

9 Responses to PEMILIK BLOG

  1. dewa says:

    CP nya da? pengen telpon nanya2

  2. hanna says:

    ass.
    mau beli buku

    FAHIMNA TINGKAT PEMULA

    FAHIMNA NAHWU TINGKAT DASAR

    FAHIMNA SHOROF TINGKAT DASAR

    FAHIMNA NAHWU TINGKAT LANJUTAN

    FAHIMNA SHOROF TINGKAT LANJUTAN

    FAHIMNA LATIHAN BACA KITAB GUNDUL

    berapa itu semua ? gimana cara ordernya ? trimakasih . balas .

  3. ahmad says:

    macam mana pembelian dari Malaysia?nanti tolong emailkan caranya beserta kos penghantaran..

    • mujianto2011 says:

      Mohon maaf, untuk ke Malaysia ongkos kirimnya cukup mahal. Kemudian, transfer uangnya harus lewat Bank Muamalat yang ada di Kuala Lumpur. Jadi tidak bisa via Maybank karena saya kesulitan untuk meng-uangkannya.

  4. izzule says:

    السَّلام عليكم
    salam kenal mas,saya tertarik dengan blog anda…bagaimana saya bisa menghubungi anda secara langsung? mgkin bisa mengirimkan contact person ke email saya ini..karena selain ingin order, saya juga ingin sekali komunikasi langsung dengan mas Mujianto…

    salam kenal_izzul (kudus)

  5. supriman says:

    Kisah antum mirip2 ma ana dalam mempelajari bahasa Arab, dulu pernah belajar Kitab Durus allughah lighairi nathiqiina biha jilid 1 ma jilid 2 (jilid 2 ga tuntas), kitab sharaf tradisional Amtsilatus Tashrif (menurut ana ini kitab blm ada tandingannya dalam hal sharaf😀 ) – ga tuntas namun insyaAllah intiny dah ana paham, trus tuk Nahwu ana tamatin kitab Almuyassar fi Ilmi Nahwi karya A. Zakariya, semuanya ana pelajari dg ustadz Abu Abdillah Irwan – Depok & Ust Saiful.

    Sempat belajar beberapa kitab pemula Bahasa Arab dr LIPIA.. Namun sekarang dah gak belajar di depan ustadz, hanya memurojaah setidakny apa yang sudah dipelajari tidak hilang, syukur2 malah bertambah, yaa sambil murojaah sambil belajar OTODIDAK seperti antum😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: