CARA CEPAT BELAJAR BAHASA ARAB

Sebelum saya membahas cara cepat belajar bahasa Arab, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu: Untuk siapa tulisan ini saya tujukan? Ketahuilah, tulisan ini saya tujukan untuk manusia golongan ke-3. Siapakah manusia golongan ke-3 itu?

Begini. Dalam belajar bahasa Arab, menurut saya, ada 3 golongan manusia.

  1. Mereka yang berkesempatan belajar di pondok-pondok pesantren. Jadi mereka bisa belajar setiap hari dengan bimbingan langsung para guru.
  2. Mereka yang berkesempatan belajar di tempat-tempat kursus. Ada yang belajar sekali dalam seminggu, dua kali dalam seminggu, atau lebih dari itu.
  3. Mereka yang hanya belajar lewat buku-buku panduan.

Nah, jadi tulisan ini saya tujukan untuk mereka yang belajar bahasa Arab sendiri di rumah lewat buku-buku, tanpa bimbingan guru secara intensif. Namun, saya tidak melarang manusia golongan 1 dan 2 untuk membaca tulisan ini. Insya Alloh ada juga manfaatnya buat mereka untuk lebih menambah kualitas belajar mereka.

 Lalu, bagaimana cara cepat belajar bahasa Arab untuk golongan ke-3 ini?

Sebelum saya menjawab pertanyaan ini, saya ingin jelaskan dulu tentang pengertian “cara cepat” di sini agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Misalnya begini:

-          Si A belajar bahasa Arab. Dalam waktu 6 bulan dia sudah bisa membaca kitab gundul.

-          Si B belajar bahasa Arab. Dalam waktu 5 bulan dia sudah bisa membaca kitab gundul.

-          Si C belajar bahasa Arab. Dalam waktu 4 bulan dia sudah bisa membaca kitab gundul.

Dari ketiga orang ini, manakah yang paling cepat belajarnya? Tentu saja si C, kan. Nah, jadi yang saya maksud cara cepat adalah cara menguasai bahasa Arab dalam waktu sesingkat-singkatnya dengan hasil yang semaksimal mungkin. Jadi, bukan maksud saya dengan “cara cepat” itu adalah cara menguasai bahasa Arab dalam sekejap. Misalnya belajar sehari dua hari langsung bisa. Sebab yang namanya belajar tentu butuh proses. Para ulama kita saja mengatakan bahwa untuk menguasai sesuatu butuh waktu lama. Ingatkan dengan wasiat Imam Syafi’i? Untuk meraih ilmu butuh waktu yang panjang.

Kenapa saya membahas hal ini?

Sebab, berdasarkan pengamatan saya, terkadang ada orang yang sudah lama belajar bahasa Arab dasar. Misalnya dia sudah belajar setahun lebih. Namun dia belum juga bisa membaca kitab gundul dan belum bisa mengerti kaidah dasar bahasa Arab. Apa penyebabnya? Ada banyak faktor. Menurut kami, faktor utamanya ada 4:

  1. Faktor orang yang belajar.
  2. Faktor cara belajar.
  3. Faktor buku panduan yang dipelajari.
  4. FAktor pendamping.

Atau dengan kata lain, jika kita ingin cepat menguasai bahasa Arab, maka kita harus:

  1. Menggunakan adab dalam menuntut ilmu.
  2. Menggunakan cara belajar yang efektif.
  3. Memilih buku panduan yang tepat.
  4. Mempunyai pendamping sebagai tempat bertanya dan berkonsultasi.

Sekarang, mari kita bahas satu persatu

1. Adab dalam menuntut ilmu.

Tentang adab menutut ilmu, saya telah membahasnya di EBOOK “STRATEGI SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB SECARA OTODIDAK”. Silakan baca kembali. Kali ini saya Cuma ingin mempertegas tentang pentingnya KEINGINAN KUAT & KESUNGGUHAN dalam belajar bahasa Arab. Sebab, seorang yang punya keinginan kuat dan kesungguhan dalam belajar, dia tentu akan mengerahkan segala cara agar bisa bahasa Arab. Misalnya dengan membeli buku-buku, bertanya, membeli kamus, searching internet, dll. Berbeda dengan orang yang tidak punya keinginan kuat dan kesungguhan. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang keinginan kuat dan kesungguhan, silakan baca di BAB “NASIHAT IMAM ASY-SYAFI’I di bagian-bagian akhir  EBOOK “STRATEGI SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB SECARA OTODIDAK”.

2. Cara belajar yang efektif.

Mungkinkah seseorang bisa cepat menguasai bahasa Arab jika dia Cuma belajar seminggu sekali. Wallohu a’lam. Sepertinya sangat sulit. Mungkin saja dia bisa bahasa Arab, tapi waktunya sangat lama.

Kalau pingin cepat, ya dia harus belajar setiap hari. Dia harus meluangkan waktu minimal satu jam sehari. Kalau bisa lebih, itu lebih bagus lagi. Dan ini termasuk cara belajar yang efektif. Penjelasan lebih lengkapnya, silakan baca EBOOK “STRATEGI SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB SECARA OTODIDAK”.

3. Memilih buku panduan yang tepat.

Buku yang tepat Terkadang ada orang yang sudah hampir 2 tahun belajar bahasa Arab. Namun, dia belum juga bisa mengerti kaidah dasar bahasa Arab. Apa penyebabnya? Diantaranya karena salah dalam memilih buku panduan. Mestinya dia menggunakan buku yang membahas kaidah secara runtut, namun dia malah menggunakan buku yang isinya lebih mengedepankan percakapan dan memperbanyak kosa kata.

Untuk mereka yang baru pertama kali belajar bahasa Arab dan pingin belajar sendiri di rumah, tentu saja butuh buku yang bisa dipahami sendiri. Dan Alhamdulillah, saya telah menyusun kitab FAHIMNA. Kitab ini memang sengaja disusun untuk bisa dipelajari sendiri oleh orang Indonesia yang baru pertama kali mengenal bahasa Arab dan ingin menguasainya.

4. Mencari pendamping.

Mungkinkah seseorang bisa menguasai bahasa Arab sendiri dengan membaca sendiri buku-buku kaidah bahasa Arab di rumah, tanpa sedikitpun bertanya dan minta penjelasan dari orang lain? Entahlah. Sepertinya, menurut saya, seseorang tetap butuh adanya pendamping belajar yang bisa membantu dia ketika mendapatkan kesulitan dalam belajar. Sebab dalam pelajaran bahasa Arab, ada beberapa materi yang memang butuh adanya penjelasan dari orang yang sudah bisa. Sangat sulit untuk dipelajari sendiri.

Oleh karena itu, usahkanlah untuk mencari pendamping dalam belajar. Siapa saja orangnya, yang penting dia bisa memberi penjelasan ketika dibutuhkan. Misalnya ustadz di pesantren, di tempat pengajian, redaksi majalah Islam, dll.

Bagi Anda yang belajar bahasa Arab menggunakan KITAB FAHIMNA, insya Allah saya siap membantu jika Anda menemukan pembahasan yang menurut Anda sulit di dalam KITAB FAHIMNA.

Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.

Bogor, Sabtu 13 Sya’ban 1434 H/22 Juni 2013

Muhammad Mujianto Al-Batawie

(Penulis SERIAL KITAB FAHIMNA, Panduan Belajar Bahasa Arab Secara OTODIDAK)

 

—–oOo—–

===============================

KESAN PEMBACA KITAB FAHIMNA

===============================

FAHIMNA PAKET LENGKAP2EDIT

“Sebelumnya saya sama sekali tidak tertarik untuk belajar bahasa arab. Dengar cerita dari teman-teman bahwa sangat susah belajar bahasa arab, karena struktur bahasa yang benar-benar unik dan lain dari bahasa-bahasa lain kebanyakan.

Tetapi begitu saya coba searching di internet, dan kebetulan saya ketemu dengan METODE FAHIMNA ini, saya jadi langsung tertarik untuk mencobanya. Dan…sepertinya memang jauh lebih mudah dari pada apa yang digambarkan oleh teman-teman saat mereka belajar di pesantren.”

(Purwanto Eko Cahyono, Karyawan Swasta di Bekasi)

—–oOo—–

“Aktifitas saya diantaranya adalah mengajar bahasa Arab, tapi saya masih belum jelas dari mana saya harus mulai, materi apa yang harus saya sampaikan terlebih dahulu, apa urutan materi yang sistematis sehingga proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien. Alhamdulillah setelah mencoba mengkaji METODE FAHIMNA, serta mengikuti tips-tips yang diberikan di blog PUSTAKA LAKA (http://pustakalaka.wordpress.com–ed), saya mendapatkan banyak pencerahan.

(Alber, Pengajar bahasa Arab di Jakarta)

—–oOo—–

“Alhamdulillah ana bersyukur bisa ketemu dengan KITAB FAHIMNA. Sebenarnya sudah beberapa buku bahasa Arab yang telah ana baca, tapi alhamdulillah di buku FAHIMNA banyak materi yang tidak ana jumpai di buku bahasa Arab yang telah ana baca yang membuat saya lebih paham. Contoh-contoh dan latihan-latihan soal di buku FAHIMNA bagus untuk menunjang pemahaman dari materi yang telah dipaparkan.
(Ummu Iffah, Guru Home Schooling di Karawang)

—–oOo—–

“Kesan saya adalah SUBHANALLAH, karena bahasa Arab jadi terlihat mudah ketika menggunakan kitab FAHIMNA untuk belajarnya, ALHAMDULILLAH.”

 (Agrin Febrian Pradana, Mahasiswa IPB Bogor)

—–oOo—–

“Alhamdulillah saya dan teman-teman bisa belajar bahasa arab dengan METODE FAHIMNA dari tingkat pemula, dasar hingga lanjutan (walaupun yg lanjutan belum selesai). Penyajiannya mudah dipahami serta penjabaran kaidah ilmu nahwu dan shorof-nya sangat rinci. Belajar bahasa arab ini membantu saya memahami sedikit demi sedikit tentang lafadz Hadits, ayat Al Qur’an, kitab yang saya baca, kajian-kajian ustadz terkait dengan kaidah bahasa arab, dan percakapan sehari-hari.”

(Reni Citra Pradani, Arsitektur Lanskap 45 IPB)

—–oOo—–

“Mengenal buku FAHIMNA belum lama bagi saya, tapi manfaat yang saya dapatkan cukup banyak, karena sangat berguna sekali bagi saya yang bekerja di lingkungan orang-orang yang berbahasa Arab. Saya memilih buku ini karena ingin sekali mempelajari bahasa Arab lebih dalam. Mudah-mudahan setelah saya pelajari lebih dalam, ini akan menambah pengetahuan saya akan bahasa Arab..insyaAllah..terima kasih”

(Donny Alwi, Bagian IT di Al-Haramain Saudi Academy Jakarta)

—–oOo—–

“Cara belajar yang mengasyikkan, langkah demi langkah. Ana berharap semoga minimal terus ada untuk saudara-saudara Muslim kita belajar bahasa Arab. Baiknya ya bisa berkembang terus, istiqomah. aamiin.”

(Henri Widodo, Mahasiswa S1 Akuntansi UTY Yogykarta)

—–oOo—–

“Kesan selama belajar bahasa Arab dengan METODE FAHIMNA bisa lebih semangat karena selain ada teori pelajaran bahasa Arab juga ada metode cara belajarnya secara otodidak.

(Septi Naftali, Bali)

—–oOo—–

“Belajar bahasa Arab menggunakan KITAB FAHIMNA bagi orang yang baru belajar bahasa Arab lebih mudah. Karena susunan materinya yang ringan dan bertahap. Bahasa yang digunakan juga lebih mudah dipahami para pemula.”

(Deni Prasojo, Wiraswasta di Bogor)

—–oOo—–

“Kesan belajar menggunakan KITAB FAHIMNA sangat menarik dan mudah buat pemula, karena ringkas dan padat isinya. Contoh-contoh yang diberikan mudah untuk difahami.”

(Mahnuri, Guru Bimbel di Bintang Pelajar Bogor)

—–oOo—–

“Mudah difahami karena disertai contoh-contohnya. Semoga menjadi pundi-pundi amal bagi penulisnya.”

(Dendy Sulistiyono, Guru Bimbel di Bintang Pelajar Bogor)

—–oOo—–

“Alhamdulillah setelah mempelajari KITAB FAHIMNA PEMULA saya mulai paham cara membaca awalan ayat Al-Qur’an yang tidak berharokat dimushaf Utsmani. FAHIMNA DASAR memudahkan saya mempelajari peran tiap kata dalam kalimat bahasa Arab.”

(Ummu Hasan, Alumni IPB)

—–oOo—–

“Alhamdulillah melalui perantara KITAB FAHIMNA, saya bisa lebih mudah mencerna dan memahami dalam proses belajar bahasa Arab. Karena dalam kitab sudah disusun sesuai dengan tahapan-tahapan pelajar pemula. Dan didukung dengan semangat serta kesabaran dari pengajar dan pelajar sehingga ilmu bisa tersalur sebagaimana mestinya. Jazakumullahu khairan.”

(Dewi Robiana, Mahasiswi IPB Bogor)

—–oOo—–

“Alhamdulillah belajar bahasa Arab memakai KITAB FAHIMNA sangat memudahkan. Metode pembelajarannya sistematis dan mudah untuk dipelajari…”

(Astrie Linda, Mahasiswi IPB Bogor)

—–oOo—–

“FAHIMNA T-O-P B-G-T, sesuai dengan judul. Baca FAHIMNA nostalgia ke masa MI. Lebih lengkap tapi juga lebih simple sehingga lebih mudah diingat dan dimengerti.”

(Isnaini, Mahasiswi IPB Bogor)

—–oOo—–

“Kitabnya bagus dan mudah difahami. Langsung to the point dan tidak bertele-tele.”

(Frendy Ahmad Afandi, Mahasiswa Pascasarjana IPB & Penulis Buku BTP Terbitan Pengawet IPB Press)

—–oOo—–

“Alhamdulillah bagus buku FAHIMNA, sistematis dan mudah dipahami”.

(Irwan Syahputra, PNS di Sumatra Utara)

—–oOo—–

“Buku FAHIMNA sangat cocok digunakan untuk mempelajari bahasa Arab khususnya Nahwu & Shorof, terlebih bagi pemula karena susunannya sistematis, sarat kaidah & contoh. Buku ini rujukan tepat bagi siapa yang nantinya akan mempelajari buku/kitab lanjutan ataupun cabang-cabang keilmuan bahasa Arab lainnya. Saya bersyukur bisa mempelajari buku FAHIMNA kelas dasar hingga selesai, sehingga sangat memudahkan saya mempelajari kitab “Muyassar”, kitab-kitab “Silsilah”, dan kitab-kitab para ulama.”

(Muhammad Yusuf Saputra, Guru IPA di Lembaga Bimbingan Belajar Bintang Pelajar Bogor)

—–oOo—–

“Menurut ana..Kitab Fahimna itu –maa sya Allah- bagus banget buat pemula..Sy dulu sama temen2 belajar bhs arab mulai dari nol make kitab ini.. Setelah beberapa lama, mulai kelihatan hasilnya. Mempelajari kitab2 lanjutan menjadi terasa lebih mudah..Alhamdulillah..Sekarang udah mulai bisa baca kitab gundul…Menghafal AlQuran dan hadits pun menjadi lebih mudah..Memang bhs arab kuncinya..Syukran buat penulis buku ini..Jazakallahu kairan..Semoga menjadi ladang amal kebaikan yang terus mengalir buat antum dan keluarga…^^.”

(Jordan Kahfi, Guru KIMIA SMA di Lembaga Bimbingan Belajar Bintang Pelajar Bogor)

—–oOo—–

“Dulu saya pernah belajar bahasa Arab menggunakan kitab Al-Ajurrumiyyah. Tapi saya masih bingung dan tidak mengerti dengan materi yang ada di dalamnya. Saya juga pernah belajar tashrifan (pola-pola pembentukan kata dalam ilmu shorof). Saya dulu hanya disuruh menghafal tanpa tahu kata-kata yang saya hafal asalnya dari mana.

Setelah itu saya coba belajar bahasa Arab dari kitab FAHIMNA. Alhamdulillah penjelasannya mudah. Saya jadi faham dasar-dasar bahasa Arab. Saya juga jadi faham rumus-rumus pembentukan kata dalam ilmu Shorof. Dengan belajar dari kitab FAHIMNA seakan-akan saya menemukan “kunci” dalam memahami bahasa Arab.

Setelah belajar dari kitab FAHIMNA, kini saya bisa ajarkan ilmu bahasa Arab dasar yang saya miliki kepada kawan-kawan saya yang lain. Sekarang saya sedang mempelajari kitab FAHIMNA tingkat lanjutan”

(Hamroh Humaeroh, Guru TKIT ANAK SHALIH Perum Bukit Asri Ciomas Bogor Jawa Barat)

—–oOo—–

“syukron Ustd Bonus dan kitab fahimnanya LUARRR BIASAAAA, Semoga Ilmu antum semakin berkah dan menjadi simpanan amal di akhirat”

(Kurniawan, Pamulang)

—–oOo—–

“Alhamdulillah, setelah membaca fahimna, saya merasa optimis dapat belajar bahasa arab secara otodidak, walaupun dengan target yang tidak tinggi. Minimal bisa membaca dan mengerti tulisan-tulisan para masyaikh, sehingga bisa mengkaji agama ini dengan lebih baik dari sebelumnya. Semoga pengarang fahimna selalu dalam rahmat dan lindungan Allah swt”

(Joni Karman – Palembang)

—–oOo—–

Testimoni ini datang dari Ibu XXXX (Beliau minta namanya dirahasiakan) yang bermukim di DEPOK. Ketika KITAB FAHIMNA baru 6 BUKU, beliau memesan langsung 2 set (Total 12 buku). Dugaan saya, beliau memesan 2 set langsung untuk dipelajari bersama suaminya di rumah. Kemudian, ketika PROMO AKHIR NOVEMBER diadakan, beliau memesan 2 set PAKET KHUSUS (Total 8 buku).

Barusan beliau mengirim SMS kepada saya yang isinya sebagai berikut:

“Assallamu’alaikum. Maaf, mengganggu. Maaf, pak. sbg info bahwa kami sdh terima pesanan bukunya. Wah, bagus sekali dan Alhamdulillah, saya semakin bertambah semangat untuk belajarnya. Syukron Jaziilan. Wassalam.” (Selesai Kutipan)

—–oOo—–

“Aslm. Ust Mujianto kitab Fahimna sungguh dahsyat…ana sudah pernah belajar bahasa arab untuk tujuan dapat membaca kitab gundul dengan beragam metode (metode tamyiz, granada, assasaky dll) namun kitab fahimna ini yang paling sistematis dan realistis… Bisa buat belajar bahkan mengajar…teman-teman ana bahkan di daerah Pamulang dan di program pasca sarjana jurusan tafsir hadis UIN Ciputat ikut-ikutan minta dipesankan…yang paket pemantapan ana pesan lagi…kalau ada lagi yang baru tolong kasih tau ana lagi…Jazakallahu khairan”

 (KURNIAWAN – PAMULANG)

Dikirim via email hari SELASA 26 NOVEMBER 2013 (Tue, Nov 26, 2013 at 8:25 PM)

—–oOo—–

Testimoni disampaikan via SMS hari ini (Senin, 13 Januari 2014, Pukul 11:00:57)

“Alhamdulillah, paket sdh sampai 3 hr yg lalu. Benar2 mantap buku Fahimna, sy yg nol besar ndak pernah belajar bhs arab sama sekali tapi sy mampu dgn mudah memahami buku tsb krn sistematis dan runut. Tksh atas tulisan2 Bapak, semoga membawa berkah dunia akhirat. Amin3x. Wasalam, Umar. Lamongan/gresik” (Selesai kutipan)

[Pengirim SMS adalah Bpk. Umar Yahya. Beliau adalah pembeli SERIAL KITAB FAHIMNA PAKET LENGKAP beberapa hari yang lalu.]

—–oOo—–

“Kitab apa ini pak..? Kok baru brlajar beberapa hari saja buku fahimna nahwu sorof tuk pemula saya sudah lumayan faham ilmu nahwu sorof, padahal dulu kuliah tdk mengerti apa itu nahwu dan shorof, ulasanya mudah di mengerti, contohnya2 juga banyak, harga terjangkau, . Jazakallah katsiron.”

(Tia Setiawati, Cimanggis Depok)

—–oOo—–

“Baru baca yang buku untuk PEMULA, baru baca. Subhanallah…kesan kemudahannya sudah terasa :)

(Didik Sisharwanto, Madiun)

—–oOo—–

“…terima kasih bukunya. Bagus sekali”

(Ummu Yumna, Perum Bukit Asri Ciomas Bogor)

—–oOo—–

“Assalamu’alaikum warahmatullah.. Paket Fahimna sudah sampai dalam keadaan baik. Alhamdulillah sampai saat ini, saya mudah mempelajarinya. Mohon doanya agar saya dapat memahami bahasa arab dengan pemahaman yang benar. Syukran. Dari Abu Ahmad di Tidore, Maluku Utara.”

—–oOo—–

 

=====>

Jawaban tebak-tebakan yang ada di SINI:

 

“قدميه” (Kedua kakinya)

About these ads

35 Responses to CARA CEPAT BELAJAR BAHASA ARAB

  1. kiki says:

    bagus bgt saya suka

  2. fauzi says:

    aslm,aduh mau dong bisa bhs arab yg fasih dan lancar

  3. teteh unie says:

    assalamualaikum.beajar bahasa arab,peransis.bahaa inggris bisa dgabung ga ya..

  4. Ieda says:

    Mau eunx bljar bhsa arab

  5. siti maemunah says:

    like this bgt!!!!!

  6. adi darmawan says:

    bisa minta nomor telp atau hp. yang bisa dihubungi tidak? syukron

  7. الرجل عبد الله says:

    :) SaLAM. kami ingin terhabit bercakap LuGhati ÉaRaBiYat dengan ALLlàH W para saudara MuSLiMYN kita. ALLlàHu AKBR, jayalah MuSLiMYN W lugat ÉaRaB!

  8. Ikhsan says:

    kalau ingin memiliki buku FAHIMNA dapat di beli dimana….????

  9. luthfi says:

    aslanwahsahlan

  10. firman says:

    syukran

  11. bagus postingnya . . . semoga aku bisa bhs arab y lancar. . . .

  12. assalamu'alaikum cinta says:

    assalamu’alaikum warahmatullah,,,,
    asykur kum ‘alal ma’rifah,,,,

  13. Agi says:

    Dimana bisa di dapatkan kiab fahimna ny?

  14. Abu Anas says:

    jazakallah khoir

  15. santri pingin tobat says:

    al ajru biqodrita’ab…………

  16. ilmi says:

    kaifa haluu ya laskar

  17. bahasa arab luar biasa

  18. ida says:

    dmn mw beli kitab fahimna?

  19. edy riyanto bakri says:

    Saya orang yg masuk golongan ketiga yg ingin belajar bhs arab.

  20. assalamu ‘alaikum
    dimanakah saya bisa membeli buku FAHIMNA itu?

  21. Endang Saifuddin says:

    Mohon maaf, sebaiknya Mujianto al Jawawi bukan Al Batawie.

  22. Dina arifah says:

    Q pngen bnget bisa berbhasa arab. Mohon bimbingannya.

  23. Rosidi Azis says:

    belajar bahasa arab cukup 1 minggu saja.

  24. Ahmad Kosasih says:

    Tanya donk. Di antara isim ghoir munsorif salah satunyakan yang berakhiran “alim-nun”. itu gak boleh tanwin, tapi di cerita hasan dan yamamah nama hasan ditulis “hassaanun” pake tanwin. Tolong jelasin donk! Syukron.

    • mujianto2011 says:

      Sebenarnya yang lebih lengkap dikatakan bahwa isim ghoiru munshorif adalah nama yang mendapat huruf tambahan alif-nun. Jadi huruf alif-nun itu adalah huruf tambahan, bukan huruf asli (bagian dari isim yang menjadi nama). Contohnya seperti yang ada di kitab fahimna, seperti “عثمان – سلمان – سليمان” dll.

      Adapun “حسان” alif-nun di akhirnya itu adalah huruf asli. Sama juga dengan “فلان”, dibaca FULAANUN, karena alif-nunnya asli, bukan tambahan.

      Wallahu a’lam.

  25. Amazing blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?
    A design like yours with a few simple adjustements would really make my
    blog shine. Please let me know where you got your design.
    Cheers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 64 other followers

%d bloggers like this: